Rekreasi Edukatif Bagi Anak di Outbound Malang

    outbound malang anak-anak atau golden age merupakan usia yang sangat berharga untuk dilalui. Pada usia ini, anak cenderung berperilaku aktif dan menyukai berbagai aktifitas yang bisa membuat seluruh tubuhnya bergerak. Salah satu kegiatan yang dpaat dicoba oleh orang tua untuk menyalurkan kegiatan anak ialah outbound Malang. Kegiatan luar rumah yang satu ini dapat memberikan stimulus kepada anak untuk belajar banyak hal. Mulai dari kerja sama tim, ketangguhan, dan masih banyak lagi.

    Outbound anak merupakan kegiatan outdoor yang didalamnya terdapat beragam permainan yang dapat mengedukasi buah hati. Anak akan belajar mengenai mencintai lingkungan, serta menjaga kelestarian alam. Biasanya kegiatan outbound dilakukan oleh anak-anak usia 5-15 tahun. Kegiatan outbound juga bisa disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai, misalnya tujuannya untuk menumbuhkan keberanian, mengembangkan sikap percaya diri, atau mengasah kreatifitas anak.

    Outbound Malang akan memberikan keseruan kepada anak ketika menjajal satu per satu wahana outbound, sehingga tak heran jika tempat ini juga selalu menjadi tujuan utama ketika musim libur tiba. Tak hanya itu, kegiatan outbound juga dapat dijadikan sarana edukasi bagi anak. Konsep bermain sambil belajar dapat dipraktikan langsung ketika anak melakukan kegiatan ini. Dengan demikian anak-anak akan menambah ilmu, wawasan, serta pengalaman seusai melakukan kegiatan outbound.

    Terdapat dua kategori skill yang akan mengasah kemampuan anak melalui permainan yang terdapat dalam kegiatan outbound, diantaranya soft skill dan hard skill. Soft skill meliputi kegiatan outbound yang dilakukan guna mengembangkan bakat serta keterampilan personal maupun interpersonal anak. Pada umumnya permainan yang mengasah soft skill anak tidak terlalu banyak melakukan kegiatan fisik secara berlebihan.
    Adapun permainan outbound yang mengasah hard skill anak lebih berfokus kepada aspek kecepatan dan ketepatan. Dari kedua kategori tersebut, setidaknya anak akan berlajar beberapa hal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya: rasa percaya diri, analisis, team building, team work, strategi planning, konsentrasi, kratifitas, komunikasi, dan leadership.

    Menyampaikan pesan merupakan salah satu permainan yang tak jarang ada di dalam kegiatan outbound. Permainan ini mengharuskan setiap pemain menyampaikan pesan dengan gerakan tubuh, tanpa mengeluarkna sepatah kata pun. Supaya pesan dapat tersampaikan, maka anak harus mampu memahami pesan yang akan dia sampaikan, guna memeragakannya melalui gerak tubuh. Anak akan belajar mengimajinasikan pesan sekaligus mengasah kreatifitasnya.

    Permainan berjalan diatas tali merupakan contoh lain dari permainan yang dilakukan dalam kegiatan outbound. Permainan ini sejatinya mengutamakan sikap keberanian anak. Tak hanyaitu, ketika anak melakukan permainan ini maka anak akan dituntut untuk menjaga keseimbangan, mengkoordinasikan anggota tubuhnya, serta meningkatkan sikap berani pada anak.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *