Persyaratan dan Cara Klaim Asuransi Kendaraan

Klaim Asuransi adalah salah satu cara mengurangi kerugian bagi pemegang polis ketika salah satu benda atau barang yang diasuransikan mengalami kerusakan atau kehilangan. Dalam proses pengajuan klaim asuransi tentunya harus dengan cara klaim asuransi dan prosedur yang benar agar upaya tersebut dengan mudah diterima oleh perusahaan asuransi.

Kali ini akan dipaparkan cara klaim asuransi dan persyaratan bagimana cara pegajuan klaim asuransi terutama kendaraan mobil. Jika kita mengalami kecelakaan mobil kita tidak perlu panik secara berlebihan, karena jika mobil kita telah didaftarkan asuransi tentunya kita bisa langsung menghubungi pihak perusahaan tempat mobil kita diasuransikan, dengan estimasi waktu tiga hari. Demi menghindari penolakan yang disebabkan telah lewatnya waktu pengajuan, kita bisa langsung menghubungi pihak perusahaan menggunakan kontak atau nomor telepon perusahaan, atau datang tangsng ke tempat perusahaan asuransi demi menghindari penolakan klaim asuransi yang kita ajukan.

Cara klaim asuransi selanjutnya yaitu sebelum melakukan pengajuan klaim asuransi, sebaiknya kita memiliki bukti bahwa mobil kita telah mengalami kerusakanatau kecelakaan demi meyakinkan pihak asuransi. kita bisa memotret bagian mobil kita yang mengalami kerusakan.biasanya pihak perusahaan asuransi akan mempertimbangkannya, jika hanya kerusakan ringan pihak asuransi biasanya akan menunjukan salah satu bengkel untuk memperbaiki mobil kita. Namun apabila kerusakan kendaraan cukup parah dan bukti kecelakaan cukup kuat maka pemegang polis akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak perusahaan asuransi.

Pada tahap ini, kita akan diminta keterangan mengenai kerusakan mobil secara jelas dan terperinci. Bagaimana kronologi kecelakaan atau kerusakan mobil bisa terjadi. Kita harus memberikan informasi yang akurat demi meyakinkan pihak asuransi. Dengan demikian pihak asuransi bisa mempertimbangkan atas klaim yang kita ajukan. Cara klaim asuransi pada tahap ini sangat menentukan apakah klaim asuransi yang sudah kita ajukan diterima atau ditolak
Dalam pengajuan klaim ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan agar menunjang klaim asuransi yang kita ajukan.

Berikut beberapa berkas dokumen persyaratan klaim asuransi yang harus dipersiapkan.
1. Berkas formulir yang telah dilengkapi. Karena proses pengajuan klaim asuransi akan berlanjut apabila pemegang polis telah melengkapi semua data dalam formulir.
2. Berkas polis asuransi yang telah disalin atau diphotocopy, sebagai tanda bukti bahwa kita adalah nasabah dari perusahaan asuransi tersebut. Salinan berkas ini juga menjadi bukti bahwa pembayaran premi telah dibayar atau belum.
3. SIM yang telah diphotocopy
4. STNK yang telah diphotocopy
5. SK (surat keterangan) dari pihak kepolisian yang akan menjadi pertimbangan pihak asuransi atas klaim asuransi kita dapat diterima atau tidak.

Jika ada pihak ketiga, maka seratakan pula berkas persyaratan berikut, untuk memperkuat bukti yang akan menunjang klaim asuransi yang kita ajukan.
1. Surat yang berisi tuntutan ganti rugi yang ditulis oleh pihak ketiga untuk jaminan pemegang polis atas segala kerusakan yang telah diterima pihak ketiga
2. Surat yang berisi pernyataan bahwa tidak adanya asuransi dari pihak ketiga. Karena biasanya pihak asuransi tidak akan menerima klaim asuransi yang diajukan apabila pihak ketiga memiliki asuransi kendaraannya. Maka dari itu surat pernyataan ini salah satu berkas yang paling penting.
3. SIM/KTP dan STNK kendaraan pihak ketiga yang telah Cara Klaim Asuransi . SK (surat keputusan) dari pihak kepolisian yang akan memperkuat bukti bahwa telah terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *