Langkah-Langkah Mendirikan Perusahaan Kayu di Batam

    Mendirikan perusahaan kayu di Batam merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, sektor industri kayu saat ini menjadi bisnis yang sifatnya jangka panjang. Tak hanya itu, sektor bisnis yang satu ini menjadi salah satu penyokong bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan demikian pendapatan devisa dari transaksi ekspor dan impor kayu akan semakin tinggi. Tak jarang, industri kayu juga banyak mendatangkan investor asing, mulai dari benua Asia seperti Jepang, Korea, Cina, sampai dengan benua Eropa seperti Italia.

    Hampir sebagian besar negara dari kedua benua tersebut berinvestasi dalam industri kayu di wilayah Indonesia. Begitu banyak peluang yang bisa didapatkan ketika membuka pabrik kayu Batam. Peluang ini lah yang nantinya bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika memdirikan pabrik kayu Batam. Tak hanya peluang, ketika hendak mendirikan perusahaan kayu di Batam, Anda perlu melewati berbagai langkah guna memperlancar langkah perusahaan Anda. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    1. Membuat Akta Perusahaan
    Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah dengan membuat akta perusahaan. Karena sejatinya perusahaan berbadan hukum secara mutlak harus memiliki akta perusahaan. Adapun informasi yang termuat dalam akta perusahaan ini adalah mengenai nama perusahaan, bidang atau produk apa saja yang dikelola dalam perusahaan tersebut, nama para pemilik modal, modal dasar, modal dasar, susunan pengurus perusahaan. Seperti direktur utama, direktur, komisaris, dan lain sebagainya.

    2. Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha
    Langkah berikutnya yakni dengan mendapatkan surat keterangan domisili usaha. Surat ini bisa Anda urus di kantor kelurahan ataupun kantor desa tempat perusahaan Anda berada. Setelah mendapatkan surat tersebut dari kelurahan atau desa terkait, Camat akan mengeluarkan surat keterangan yang sama. Untuk mendapatkan surat ini, biasanya Anda juga memerlukan salinan akta perusahaan. Untuk mengurus SK domisili, biasanya akan dipungut biaya adminstrasi yang bervariasi, tergantung kelurahan tempat perusahaan Anda berada.

    3. Mengurus NPWP Perusahaan
    Sebagai warga negara yang taat, maka memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan merupakan hal yang wajib. Akta perusahaan kembali diperlukan ketika ingin memiliki NPWP ini. Dalam mengurus NPWP, biasanya akan diminta SK Menteri tentang pengesahan akta pendirian perusahaan. Adapula yang hanya meminya akta serta SK domisili. Pembuatan NPWP ini tidak memakan waktu yang lama jika persyaratan sudah terpenuhi, cukup dengan waktu setengah jam saja Anda sudah bisa memiliki NPWP perusahaan.

    4. perusahaan kayu di batam . Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

    6. Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    Langkah terakhir yang harus ditempuh ialah mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Biasanya setelah memiliki SIUP, Anda baru bisa mengurus TDP. Untuk mengurus TDP, Anda bisa datang ke kantor Pemda tempat perusahaan Anda berada.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *